Cara Memasak Gulai Kambing Cincang Padang

kambing merupakan salah satu hewan herbivora yang banyak dimanfaatkan dagingnya untuk membuat berbagai macam masakan misalnya gulai. Daging hewan ini memiliki bau yang khas yang terkadang membuat orang tidak ingin memakannya. Dalam 100 gr daging kambing, terdapat kalori sebesar 234 kkal, 11 gr lemak yang terdiri dari 5 gr lemak jenuh, 109 mg kolesterol dan 135 mg sodium.

Cara Memasak Gulai Kambing Cincang Padang

Manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi daging kambing diantaranya yaitu:

- Sebagai sumber energi.
- Membantu dalam pembentukan dan pertumbuhan otot
- Mencegah anemia karena termasuk kelas daging merah yang dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah.
- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena terdapat zat besi.
- Sebagai salah satu sumber antioksidan dengan selenium.
- Menjaga kesehatan mata disebabkan kandungan riboflavin atau vitamin B2 sebesar 0.3 mg.
- Menjaga sistem syaraf karena kandungan vitamin B12 sebesar 4.4 mcg sehingga dapat menjaga kesehatan mental.
- Meningkatkan HDL atau kolesterol baik disebabkan kandungan niacin.
- Menjaga kesehatan tulang karena kandungan fosfor.

Bagian-bagian kambing yang dapat dimasak, yaitu:
• Kaki depan (lamb foreshank) yang terdiri dari paha hingga kaki. Kaki depan lebih keras dibandingkan dengan kaki belakang karena memiliki otot yang lebih banyak daripada lemak. Oleh karena itu, pengolahannya lebih lama dibandingkan kaki belakang.
• Sengkel (lamb shank) memiliki tekstur yang lebih empuk dan cocok diolah menjadi semur.
• Panggul (lamb leg) bertekstur lebih empuk, kadar lemak lebih sedikit dari perut, beraroma tidak terlalu kuat dan cocok untuk gulai, sate, tongseng.
• Iga (rib).
• Has luar (sirloin).
• Has dalam (tenderloin) merupakan salah satu dari bagian yang terbaik karena tekstur lebih empuk dibandingkan dengan sirloin atau daging has luar.
• Bagu (chareaubriand) yang terletak di punuk atas dan harganya lebih mahal dan salah satu bagian yang empuk.

Daging kambing memiliki bau yang lebih tajam jika dibandingkan dengan daging lainnya misalnya sapi. Beberapa cara untuk menghilangkan bau tersebut dengan cara mendiamkan beberapa jam hingga darah dan kotoran keluar semua kemudian dicuci dengan air mengalir hingga bersih, cara ini berlaku untuk daging yang sudah terpotong dan terpisah dari tulang. Jika masih melekat pada tulang dengan merebus daging tersebut dan ditambahkan dengan lengkuas, jahe, daun jeruk atau daun salam, serai. Iris dengan melawan arus dari serat daging.

Bahan yang diperlukan untuk memasak gulai kambing cincang padang yaitu 500 gr daging kambing yang dipotong, 1 lt air, 3 sdm minyak goreng, 300 ml santan kental. Bumbu halus terdiri dari ¼ sdt jinten lalu disangrai, ½ biji pala, ½ sdt ketumbar yang disangrai, ½ sdt bubuk merica, 10 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 100 gr cabai keriting, 2 buah kapulaga, 2 sdt garam, 3 cm jahe. Bumbu lainnya yaitu ½ lembar daun kunyit lalu simpul, 1 buah pekak, 1 sdt gula pasir, 2 batang serai yang dimemarkan, 2 buah asam kandis, 2 lembar daun jeruk, 3 cm lengkuas yang dimemarkan.

Cara memasak gulai kambing cincang Padang yaitu merebus daging hingga empuk, angkat dan tiriskan. Siapkan wajan dan panaskan minyak lalu tumis bumbu halus dan tambahkan bumbu lainnya, aduk hingga harum. Tambahkan air bekas rebusan daging dan aduk hingga mendidih. Masukkan santan dan aduk terus lalu tambahkan daging. Masak dengan api kecil hingga kuah mengental. Angkat dan sajikan.

No comments:

Post a Comment