Cara Memasak Urap Khas Padang

Urap merupakan salah satu dari makanan khas yang ada di daerah Indonesia. Urap sendiri dapat dengan mudah Anda temui pada berbagai acara adat atau juga keagamaan yang berada di berbagai daerah. Makanan dengan nama urap ini juga telah sukses memiliki beberapa versi di setiap daerahnya yang pastinya akan membuat Anda sebagai penggemar dari makanan sehat terutama sayuran menjadi tergila-gila. Tetapi jika Anda merupakan salah satu penghuni dari ibu kota atau kota besar lainnya yang rasanya sulit untuk mendapatkan urap, maka Anda dapat membuatnya sendiri.

Cara Memasak Urap Khas Padang

Untuk membuat urap sendiri dirasa memang cukup mudah dari pada membuat masakan daerah lainnya yang memiliki syarat bumbu yang melimpah. Jika sayuran mungkin dengan mudah juga Anda akan dapatkan di beberapa pusat perbelanjaan ibu kota, tetapi mungkin kelapa parut merupakan hal yang sulit ditemukan di beberapa pusat perbelanjaan besar sehingga mau tidak mau Anda harus mencari kelapa parut ini ke pasar tradisional. Bagi Anda yang jarang memasak di dapur maka Anda mungkin akan kesulitan untuk menghaluskan bahan bumbu dengan menggunakan cobek, sebagai alternative Anda juga dapat menggunakan blender sebagai pengganti dari tumbukan yang dapat membuat Anda kesusahan. Beberapa bahan yang harus diperlukan dalam membuat makanan ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Bahan untuk sayuran:

• Sayur bayam, hilangkan tangkainya.
• Sayur singkong yang masih muda .
• Kol yang telah dibuang terlebih dahulu tulang daunnya dan iris dengan ukuran setengah centimeter saja.
• Tauge.
• Kacang panjang yang dipotong sesuai dengan selera.
• Wortel yang juga dipotong menjadi korek api.

Bahan yang diperlukan untuk bumbu sambal urap:

• Kelapa muda yang telah diparut memanjang.
• Cabai merah sekitar 3 buah atau sesuai selera.
• Bawang putih sebanyak 2 siung.
• Air dari asam jawa.
• Sekitar 1,5 sendok kencur yang telah dicincang.
• Daun dari jeruk purut sebanyak 3 lembar.
• Garam.
• Gula merah sekitar 2 sendok.

Setelah Anda mempersiapkan segala sesuatunya maka Anda juga perlu memperhatikan hal lain seperti keselamatan memasak yang akan Anda lakukan. Ketika memotong sayur usahakan berhati-hati dan jangan terlalu antusias. Kemudian jika Anda memarut kelapa sendiri maka Anda juga harus memperhatikan faktor keselamatan dan kebersihan dari tangan Anda. Setelah mengetahui beberapa hal di atas maka cara memasak urap khas Padang adalah sebagai berikut ini:

1. Rebuslah beberapa sayuran dengan cara yang terpisah, dengan jangka waktu dari perebusan yang jangan terlalu lama karena akan merusak system dari vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sayuran tersebut.
2. Perbedaan merebus tentu saja berada pada tingkat kekerasan dari sayur yang Anda rebus. Jika wortel atau beberapa sayuran lain yang keras maka berikanlah waktu yang lebih lama. Sedangkan untuk sayur tauge Anda juga bisa memberikannya air panas saja agar tidak terlalu matang.
3. Setelah semua siap, Anda dapat memulai untuk menghaluskan bahan-bahan semua bumbu yang telah disebutkan untuk mengaduknya bersamaan dengan kelapa muda yang telah diparut sebelumnya.
4. Kemudian setelah semua bahan telah teraduk dengan rata maka Anda dapat segera untuk mengukusnya di tempat yang memungkinkan Anda untuk dapat mengukus kelapa berbumbu tersebut.
5. Setelah kurang lebih 15-20 menit, Anda dapat menyajikan sambal urap dengan sayuran kesukaan Anda. jika Anda merasa kurang lengkap, maka Anda juga dapat menemani cara makan Anda dengan kerupuk atau juga ikan asin dan tahu tempe.

No comments:

Post a Comment