Cara Memasak Ikan Sepat Cabai Hijau Padang

Ikan memang memiliki beragam jenis dan pilihan. Semua itu tergantung dari selera Anda dalam menentukan ikan apa yang lebih pantas untuk Anda konsumsi dan nikmati. Tetapi semua itu memang kembali lagi kepada Anda tentang bagaimana akan mengolah dan cara mana yang akan membuat Anda merasa lebih lezat untuk mengolahnya. Salah satu ikan yang mungkin menjadi kesukaan dan menggugah selera Anda adalah ikan sepat dengan bumbu cabai hijau khas dari Padang.

Cara Memasak Ikan Sepat Cabai Hijau Padang

Untuk dapat mengolah ikan sepat yang dibumbui dengan cabai hijau Padang ini dirasa tidak begitu sulit memang, tentu saja pernyataan ini tepat bagi Anda yang sering untuk memasak dan mengolah makanan di dapur. Bagi pemula meskipun tidak terlalu sukar dan rumit, Anda juga perlu memperhatikan mengenai faktor kesehatan dan juga keamanan dalam pekerjaan Anda. Berikut ini adalah beberapa bahan yang Anda harus persiapkan untuk memasak ikan sepat cabai hijau Padang:

Ikan sepat asin sebanyak dua buah atau sesuai selera:

• Gula pasir secukupnya.
• Garam.
• Minyak kelapa sawit.
• Air perasan dari jeruk nipis.
• Cabai hijau besar sebanyak 6 buah atau menurut selera.
• Cabai rawit sejumlah 10 buah atau juga menurut selera.
• Bawang merah sebanyak 5 siung.
• 2 buah tomat hijau ukuran sedang.

Setelah dirasa perlengkapan dan persiapan Anda cukup komplit mengenai beberapa bahan atau juga perlengkapan yang Anda butuhkan di atas, Anda juga perlu menyiapkan beberapa peralatan lain seperti cobek, wajan, kompor, sendok dan tempat cantik yang bisa Anda gunakan untuk memasak. Sebelum mengolah makanan tersebut, jangan lupa pula untuk mencuci aneka bahan makanan secara bersih dan higienis terhindar dari kuman dan kotoran yang dapat membahayakan anda dan keluarga. Setelah semuanya siap, maka berikut ini adalah cara memasak ikan sepat cabai hijau Padang:

1. Gorenglah ikan sepat tersebut dengan sebelumnya Anda harus membersihkan serta memotongnya menjadi dadu kemudian digoreng hingga tidak terlalu matang.
2. Setelah selesai menggoreng ikan sepat tersebut, tumbuklah dengan kasar beberapa bahan untuk mengolah bahan sambal hijau hingga menjadi seperti yang Anda inginkan.
3. Setelah ditumbuk sesuai dengan selera maka Anda ambil sambal yang telah Anda buat kemudian masukkanlah sambal tersebut ke dalam wajan yang telah diisi minyak sebelumnya.
4. Kemudian goreng sambal dan masukkan pula ikan sepat kesukaan Anda ke dalam sambal yang tentu saja telah menimbulkan bau harum yang menggugah selera makan Anda.
5. Aduk dengan rata masakan yang Anda buat hingga ikan dan sambal hijau tercampur dengan baik.
6. Karena telah terasa asin maka penambahan garam dan penyedap rasa merupakan salah satu pilihan optional kepada Anda sesuai dengan selera karena ikan sepat dari masakan Anda memang telah terasa asin dan mungkin bisa dikatakan sangat asin.
7. Jika dirasa telah masak maka Anda dapat langsung menghidangkan makanan ini kepada keluarga Anda tercinta.

Untuk dapat membuatnya lebih menggugah selera maka Anda juga dapat menambahkan beberapa hiasan cantik dan menarik atau pula Anda bisa langsung menyediakan hasil masakan Anda di atas cobek sehingga nuansa tradisional dari masakan Anda akan lebih terasa. Masakan ini akan sangat nikmat apabila Anda juga tambahkan beberapa gorengan dari petai atau juga dimakan bersama sayur asam. Jika Anda lebih menyukai rasa alami dari ikan sepat ini Anda juga bisa memakannya dengan nasi panas yang tentu saja dapat membuat Anda nagih.

No comments:

Post a Comment