Cara Memasak Ikan Gurame Pesmol Padang

Siapa yang tak kenal dengan bahan makanan bernama ikan gurame, jenis ikan yang satu ini bisa dengan mudah anda jumpai di pasaran, namun harga yang ditawarkan juga cenderung mahal mengingat rasanya sendiri sangat enak dan ketersediaanya yang cukup terbatas. Anda bisa menjadikan ikan tersebut sebagai bahan utama dari menu masakan yang akan dibuat kali ini, ada begitu banyak pilihan jenis resep apa yang akan anda buah dengan mengandalkan ikan gurame sebagai bahan utamanya, mulai dari masalah tradisional hingga aneka olahan kontinental, namun pertimbangkan pada selera dan juga biaya.

Cara Memasak Ikan Gurame Pesmol Padang

Ikan gurame sendiri merupakan jenis ikan air tawar yang kaya akan gizi di dalamnya, bahkan jika sudah berbicara mengenai rasa maka ikan ini merupakan yang paling enak dibandingkan dengan ikan penghuni perairan tawar yang lain, namun selain itu dari segi daging juga sangat tepat dengan duri yang sedikit. Hal tersebut memudahkan anda dalam melakukan pengolahan. Bagi anda yang menyukai jenis masakan tradisional tak ada salahnya untuk memilih-milih resep mana yang sekiranya cocok untuk mengolah bahan makanan yang satu ini, mulai dari aneka pilihan resep masakan Jawa, Sunda, Bali dan juga Padang ditawarkan, salah satunya mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan.

Bagi anda yang menggemari aneka olahan gurame menjadi pesmol maka diantara resep cianjur dan juga padang bisa dijadikan sebagai pilihan utama, mengingat dua daerah ini memang memiliki resep yang serupa, hanya saja untuk rasa berbeda. Untuk rasa yang ditawarkan memang antara resep cianjur dan juga padang memiliki cita rasa yang sama-sama khas, namun bagi yang lebih menyukai bumbu berlimpah dan kaya akan rempah nampaknya resep ikan gurame pesmol padang bisa dijadikan sebagai pilihan paling tepat. Nah berikut ini cara membuatnya:

Bahan-bahan:

- 3 ekor ikan gurame, bersihkan, kerat sisiknya dan sayat pada beberapa bagian
- 2 sdt gula pasir
- 2 buah jeruk nipis, peras airnya
- 2 buah tomat, iris menjadi 8 bagian
- 2 sdt garam
- 2 sdt kaldu instan
- 20 cabai rawit, iris tipis
- 4 buah cabai merah, iris tipis
- 3 batang daun bawang, iris halus
- 500 ml air
- Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

- 15 butir bawang merah
- 7 siung bawang putih
- 5 buah kemiri, bakar
- 3 cm kunyit
- 3 cm jahe

Cara memasak ikan gurame pesmol padang:

• Setelah ikan gurame dibersihkan selanjutnya anda bisa melumurinya dengan menggunakan perasan air jeruk nipis secara merata, biarkan hingga kurang lebih 1 jam untuk menghilangkan bau amis dari ikan tersebut.
• Siapkan bumbu-bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan juga jahe, kemudian haluskan.
• Panaskan minyak dan goreng ikan gurame sampai berwarna kecoklatan dan kering, sisihkan dalam wadah yang berbeda.
• Panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga tercium wanginya, masukkan air dan aduk hingga rata, biarkan beberapa saat lalu tambahkan garam juga kaldu instan.
• Masak hingga harum dan masukkan ikan gurame ke dalamnya, biarkan hingga semua bumbu terserap dan habis.
• Tambahkan bahan pelengkap yaitu irisan tomat, cabai rawit, cabai merah dan daun bawang.
• Setelah dirasa semua bumbu meresap sempurna dan juga mengental anda bisa mengangkat dan menyajikannya.

Masakan tersebut akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat, selamat menikmati hidangan gurame pesmol padang.

No comments:

Post a Comment