Cara Memasak Udang Balado Super Lezat

Sebagian orang alergi terhadap udang namun, tidak dapat dielakkan jika udang merupakan salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Udang juga merupakan salah satu hasil perairan terbesar setelah ikan, dan tentunya di Indonesia mudah untuk menemukan makanan tersebut karena besarnya perairan yang menjadi bagian negara ini. Bagian udang yang dapat dikonsumsi adalah sebanyak 68%.


Cara Memasak Udang Balado Super Lezat

Kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gr udang segar yang diteliti diantaranya yaitu:

- Energi yang dihasilkan sebesar 91 kkal.
- Protein sekitar 21 gr.
- Lemak sebanyak 0.2 gr.
- Karbohidrat yang terkandung sebanyak 0.1 gr.
- Fosfor sebanyak 170 mg.
- Kalsium sekitar 136 mg.
- Zat besi sekitar 8 mg.
- Vitamin A sekitar 60 IU.
- Vitamin B1 sebanyak 0.01 mg.

Manfaat dalam mengkonsumsi udang diantaranya yaitu:

- Mencegah kanker karena dalam 85 gr udang kukus dapat untuk mencukupi 58% dari kebutuhan selenium harian tubuh.
- Membantu menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut karena kandungan protein dalam udang dan kandungan mineral dalam udang.
- Mencegah anemia karena kandungan vitamin sebanyak 21% yang dapat membantu untuk memproduksi sel darah merah.
- Meningkatkan energi karena kandungan zat besi yang tinggi.
- Menguatkan tulang disebabkan adanya kandungan fosfor, kalsium, glucosamine.
- Membantu dalam memproses lemak, menjaga kesehatan kulit dan mencegah dari kulit bersisik dengan bantuan vitamin B3 dalam udang.
- Mengurangi resiko depresi karena kandungan omega-3.
- Menjaga kesehatan saluran prostat karena kandungan zinc.
- Menjaga kesehatan dari kelenjar tiroid untuk meningkatkan aktivitas dari sel dan mengatur dalam metabolisme dalam tubuh karena kandungan tembaga dalam udang.
- Membantu menstabilkan kadar gula dalam darah serta dapat membantu dalam pencegahan berkembangnya diabetes tipe 2 disebabkan kandungan magnesium.

Sebelum membuat masakan udang dengan bumbu balado, harus disiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Bahan yang diperlukan adalah 250 hr udang windu segar, 1 buah jeruk nipis yang diambil airnya, 2 lembar daun salam dan 125 ml air. Bumbu yang harus dihaluskan adalah 3 siung bawang putih, 3 buah bawang merah, 10 buah cabe rawit merah dan jumlah dapat disesuaikan, 3 buah cabe merah besar dan 2 cm jahe.

Bumbu lain yang harus disiapkan antara lain yaitu ¼ buah bawang bombay, 2 cm lengkuas, 2 buah batang serai yang dimemarkan, ½ sdm gula pasir, garam, 3 sdm minyak goreng, daun kemangi dan bawang merah goreng secukupnya. Sebelum memasak, udang dikupas dan dicuci dengan bersih. Udang dilumuri dengan perasan dari air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis yang melekat. Diamkan sebentar.

Cara memasak udang balado setelah mempersiapkan udang sebagai bahan utama, yaitu menghaluskan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabai merah besar dan jahe. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng lalu tumis bawang bombai hingga harum kemudian ditambahkan dengan bumbu halus yang disiapkan sebelumnya. Lalu tambahkan lengkuas dan daun salam, tumis hingga matang dan harum. Kemudian masukkan udang dan ditambahkan air. Tambahkan gula dan garam secukupnya menurut selera masing-masing. Aduk dengan merata dan diamkan sebentar hingga air dan bumbu meresap dengan api kecil. Angkat masakan dan kemudian taruh dalam piring. Untuk tampilan lebih cantik, dapat ditaburi dengan bawang goreng dan daun kemangi. Masakan udang balado siap untuk disajikan.

No comments:

Post a Comment