Cara Memasak Ikan Asin Gabus Cabe Hijau Padang

Ikan asin gabus merupakan hasil olahan ikan asin yang terbuat dari ikan gabus. Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan predator yang dapat hidup di air tawar. Ikan ini dapat ditemukan di rawa, sungai ataupun danau bahkan dapat hidup di saluran air hingga ke sawah. Ikan ini sering menjadi salah satu hama karena memangsa ikan peliharaan yang ada di kolam karena ikan gabus sering terbawa banjir dan masuk ke kolam pemeliharaan ikan.

Cara Memasak Ikan Asin Gabus Cabe Hijau Padang

Manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi ikan gabus antara lain yaitu:

• Membantu dalam penyembuhan beberapa penyakit misalnya hepatitis, TBC, nephritic.
• Meningkatkan kadar albumin dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.
• Membantu dalam menghilangkan pembengkakan.
• Membantu dalam memperbaiki gizi buruk pada anak, bayi dan ibu hamil.
• Dapat membantu dalam penyembuhan autis.
• Mempercepat dalam proses penyembuhan pasca operasi.
• Mempercepat dalam penyembuhan luka baik dalam maupun luar.

Ikan gabus yang diolah menjadi ikan gabus asin, harganya cukup mahal dan mengandung protein yang cukup tinggi. Berikut cara pengolahan ikan asin gabus:

• Ikan harus dibersihkan dan insang serta isi perut ikan harus dibuang.
• Siapkan wadah besar jika perlu drum plastik yang di bagian bawahnya diberi lubang sehingga cairan ikan dapat mengalir.
• Isi drum tersebut dengan menggunakan kristal garam.
• Isi drum dengan ikan gabus yang telah dibersihkan lalu lapisi lagi dengan menggunakan kristal garam. Kemudian isi ikan lagi, begitu seterusnya hingga wadah penuh.
• Tutup dan tunggu proses penggaraman kurang lebih 2 hari hingga cairan ikan habis. Jika cairan masih, maka dilakukan lagi proses penggaraman.
• Ikan yang sudah melewati proses penggaraman, selanjutnya dijemur untuk menghilangkan cairan air yang tersisa lewat proses penguapan.

Ikan asin gabus dapat diolah menjadi beberapa masakan. Salah satunya adalah ikan asin cabe hijau padang. Ikan asin tersebut diolah dengan menggunakan bumbu-bumbu tertentu. Cara membuatnya tidak terlalu sulit hanya dengan bahan utama ikan asin gabus dan cabe hijau. Pertama, siapkan bahan utama yaitu 100 gr ikan asin gabus. Jika tidak terlalu suka rasa asin, ikan tersebut dapat direndam dulu dengan menggunakan air panas selama 15 menit. Tiriskan dan dapat dipotong kotak atau memanjang (sesuai selera).

Bumbu halus untuk membuat sambal yang harus dipersiapkan adalah 250 gr cabe hijau besar lalu buang tangkainya, 50 gr cabai rawit hijau atau disesuaikan dengan tingkat kepedasan masing-masing, 4 siung bawang merah, 3 sdt minyak goreng, 2 siung bawang putih, 2 buah tomat hijau, ½ sdt air jeruk nipis, gula pasir, garam, air.

cara memasak ikan asin gabus cabe hijau padang yaitu pertama dengan mempersiapkan ikan asin gabus terlebih dahulu. Kukus bumbu yang terdiri dari cabai hijau, cabai rawit, bawang merah, tomat, bawang putih selama kurang lebih 5 menit lalu angkat. Tumbuk kasar bumbu halus yang dikukus tersebut dan usahakan tercampur semua. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Tumis bumbu tersebut hingga layu dan mengeluarkan bau harum. Tambahkan air jeruk, gula dan garam secukupnya lalu aduk dengan rata. Tambahkan air dan tunggu hingga mendidih. Ketika sudah mendidih, ikan asin gabus yang telah disiapkan dimasukkan ke wajan lalu aduk merata. Jika sudah matang, angkat dan masakan siap untuk dihidangkan.

No comments:

Post a Comment