Cara Memasak Lobster Asam Manis

bagi pecinta masakan laut atau lebih dikenal dengan istilah seafood pasti juga menyukai cita rasa dan sensasi saat mengkonsumsi lobster. Lobster merupakan salah satu jenis hewan laut yang masuk golongan udang, namun memiliki ukuran lebih besar. Ukuran yang besar dengan kandungan protein tinggi menjadikan lobster memiliki rasa yang sangat gurih. Diolah hanya dengan beberapa jenis bumbu saja sudah menjadikan sajian hewan laut satu ini sangat memanjakan lidah. Namun meskipun memiliki rasa yang unik aga lebih maksimal sebaiknya cermat dalam memilih lobster.

Cara Memasak Lobster Asam Manis

Mengenal jenis lobster konsumsi

Meskipun sekilas semua lobster yang ada di pasaran terlihat sama, namun sebenarnya masing-masing memiliki jenis tersendiri. Adapun jenis lobster yang sering dijumpai di berbagai rumah makan seafood ada dua jenis, yakni:

1. Lobster Berduri, merupakan jenis lobster yang hidup di perairan air hangat dan memiliki warna lebih cerah di punggungnya yakni putih, biru, orange, dan merah.
2. Lobster Maine, kebalikan dari lobster Berduri, lobster ini hidup di perairan dingin dan memiliki warna lebih gelap, yakni warna cangkang antara biru kehijauan.

Perbedaan jenis lobster menjadikan rasanya juga sedikit banyak tidak sama, kondisi geografis menjadi salah satu penyebab perbedaan rasa ini. Kebanyakan orang lebih menyukai mengkonsumsi lobster jenis Maine yang memang memiliki daging dengan rasa lebih manis. Hidup di perairan dingin menjadikannya kandungan garam di air laut mempengaruhi rasa dagingnya. Sementara untuk Lobster Berduri memang memiliki rasa yang sedikit berbeda, yakni lebih hambar. Meskipun demikian apabila pandai mengkombinasikan bahan dan rempah. Maka lobster jenis apapun yang hendak dimasak akan menjadi sebuah menu makanan yang siap memanjakan penikmatnya.

Mengolah lobster menjadi lebih lezat

Sajian berbahan utama lobster memang sangat istimewa, bahkan jika mencicipinya di rumah makan maka jangan kaget jika harganya mahal. Kandungan protein yang tinggi menjadikan lobster baik dikonsumsi untuk pemenuhan kebutuhan protein. Agar lebih hemat ada baiknya Anda mencoba mengolah sendiri lobster yang sudah dibeli. Selain lebih murah Anda pun bisa menentukan sendiri bahan apa saja yang akan dimasukkan sehingga lebih pas dengan selera. Berikut merupakan salah satu cara memasak lobster asam manis yang terbilang cukup sederhana namun memiliki rasa istimewa.

Bahan:

• Lobster segar 1 ekor,

Bumbu:

• Bawang putih 5 siung,
• Bawang merah 4 buah,
• Kemiri 3 butir,
• Kunyit 2 cm,
• Jahe 2 cm,
• Garam ¼ sdt,
• Gula pasir ½ sdt,
• Cabe merah besar 5 buah,
• Cabe rawit 6 buah,
• Terasi ½ sdt.

Bahan pelengkap:

• Daun salam 3 lembar,
• Lengkuas 2 cm, dan
• Santan 300 ml.

Cara mengolah Lobster Asam Manis :

1. Pertama yang perlu dilakukan ialah mencuci lobster hingga benar-benar bersih, kemudian dibelah di bagian tengahnya mulai dari kepala hingga ekor.
2. Lanjutkan menumis bumbu halus, setelah harum masukkan bahan pelengkap.
3. Baru kemudian memasukkan santan, aduk perlahan hingga santan matang agar tidak pecah dan merusak tampilannya.
4. Masukkan lobster, aduk perlahan, kemudian angkat lobster dan dipanggang sembari dilumuri bumbu.

Menyajikan lobster dengan cara dibakar memang akan membuatnya menjadi lebih lezat dan juga lebih sehat. Meskipun sudah melewati tahap ditumis, namun penggunaan minyak goreng menjadi lebih sedikit dan tetap sehat. Meskipun kaya akan protein ada baiknya mengkonsumsi lobster tidak dilakukan secara berlebihan, sebab seafood satu ini juga bisa menjadikan kolesterol tubuh meningkat tajam.

No comments:

Post a Comment