Cara Memasak Kikil Cabe Hijau Padang

Kikil merupakan salah satu makanan yang berasal dari sapi, kerbau atau kambing tepatnya merupakan tulang rawan yang diambil di bagian kaki. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Kikil dapat diolah menjadi sup, campuran soto, oseng, tumis, gulai. Pada kikil terdapat protein dan strukturnya berupa kolagen. Keratin dan kolagen dapat membentuk struktur jaringan yang berguna untuk mempertahankan kekuatan dan elastisitas pada kulit.

Cara Memasak Kikil Cabe Hijau Padang

Sebelum mengolah menjadi berbagai masakan, berikut tips untuk memilih kikil yang berkualitas baik, diantaranya yaitu:

• Sebaiknya pilih kikil yang berwarna kuning keputihan dan jangan memilih yang terlalu kuning karena kemungkinan kikil tersebut telah diberi pewarna buatan. Atau jangan memilih kikil yang berwarna putih bersih karena kemungkinan mengandung tawas atau formalin.
• Kikil memiliki bau yang khas dan seperti daging segar.
• Sebaiknya, hindari memilih kikil yang memiliki tekstur yang keras karena akan menjadi alot ketika telah diolah menjadi suatu masakan.

Ketika mengolah kikil, terdapat beberapa tips agar bahan makanan tersebut empuk dan enak untuk dimakan, diantaranya:

• Jika akan digunakan dalam jangka waktu yang lama, kikil sebaiknya disimpan di dalam freezer.
• Jika langsung mengolahnya, dapat direbus dahulu agar tekstur kikil menjadi lebih empuk serta mensterilkan kikil. Pada proses perebusan hanya menggunakan air biasa tanpa bumbu.
• Rebus selama kurang lebih 2-3 jam
• Tiriskan dan bumbui dengan bumbu masak yang akan digunakan untuk mengolah kikil sesuai masakan yang akan dibuat lalu direbus. Atau dengan bumbu dasar yaitu bawang putih, merica, ketumbar dan kunyit.
• Pada proses pembubuhan, sebaiknya dilakukan 1-2 jam sebelum memasak agar lebih empuk.

Hal yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi kikil adalah, konsumsi seperlunya saja dan tidak berlebihan. Walaupun kikil mengandung kolagen namun kolagen adalah satu-satu dari jenis protein dengan kandungan asam amino yang memiliki esensial yang kurang lengkap dibandingkan dengan daging, oleh karena itu susah untuk dicerna oleh tubuh. Namun, kandungan selenium yang cukup tinggi dan berfungsi sebagai anti oksidan, dapat membantu dalam mencegah serta meningkatkan resiko terkena penyakit degeneratif.

Bahan yang diperlukan untuk memasak kikil cabe hijau adalah ¼ kg kikil yang telah dibersihkan kemudian dipotong dan direbus, 2 sdm minyak goreng, 3 sdm kecap manis, 1 sdm gula pasir, garam, 1 gelas air. Bumbu yang diperlukan diantaranya yaitu 5 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, ¼ kg cabai hijau besar atau kecil dan dipotong kotak, 10 buah cabe rawit potong bulat, 1 buah tomat yang dipotong kasar, 3 lembar daun jeruk, 5 buah cabai merah, 1 ruas kunyit.

Cara memasak kikil cabe hijau padang yaitu menghaluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai merah. Siapkan wajan dan panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus dan masukkan cabe hijau, cabe rawit, daun jeruk. Aduk hingga rata dan bau harum dan masukkan sedikit air. Setelah mendidih, masukkan kikil lalu tambah dengan kecap, gula dan garam secukupnya. Tambahkan air dan tunggu setengah matang. Jika sudah, masukkan tomat. Pemasukan tomat terakhir dimaksudkan agar tomat tidak terlalu hancur ketika masakan matang. Tunggu hingga mendidih dan kuah serta bumbu meresap. Angkat dan sajikan di atas piring. Kikil cabai hijau padang siap untuk disajikan.

No comments:

Post a Comment