Cara Membuat Sambal Hijau Teri Petai Padang

Padang memang terkenal kaya akan makanannya dengan dominan pedas yang sangat berani untuk dimajukan. Bukan hanya beberapa sambalnya saja yang memiliki cita rasa pedas menendang, namun juga beberapa kuah dari sayuran lainnya yang cenderung berani untuk menampilkan rasa pedas tersebut. Jika anda ingin mencoba bagaimana saus dengan khas padang dipadukan dengan cita rasa dari pete yang nikmat, maka anda dapat juga memadukan antara sambal teri dan petai dengan tetap mengusung rasa padang yang khas.

Cara Membuat Sambal Hijau Teri Petai Padang

Jika Anda enggan untuk membeli dan lebih menikmati makanan ketika memasaknya sendiri maka Anda juga bisa mengolah sambal teri petai sendiri dengan nuansa padang yang khas berikut ini adalah beberapa bahan yang dengan mudah dapat Anda dapatkan dengan mudah dalam rangka untuk mengolah sambal teri petai padang, diantaranya adalah:

• Ikan asin atau juga teri.
• Cabai hijau rawit atau juga cabai hijau setan.
• Bawang merah.
• Garam.
• Penyedap rasa.
• Tomat hijau.
• Gula secukupnya.
• Air dari perasan jeruk nipis.

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan ulekan atau juga cobek untuk mengolah makanan Anda karena malas untuk menumbuknya, maka Anda juga dapat menggunakan blender dengan skala khusus agar hasil yang Anda dapatkan bisa maksimal dan tangan Anda tentu saja tidak kotor. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bahwa menumbuk menggunakan cobek akan lebih nikmat rasanya dari pada menumbuk menggunakan blender. Berikut ini adalah cara membuat sambal teri petai padang:

1. Cuci bersih semua bahan yang akan Anda gunakan untuk memasak dengan bersih. Pastikan pula bahwa peralatan yang Anda gunakan juga terjaga kebersihannya.
2. Setelah itu potonglah cabai hijau, bawang merah dan juga tomat hijau menjadi kotak atau menjadi dadu dengan ukuran tergantung dengan selera Anda, sedangkan untuk cabai rawit biarkan saja utuh.
3. Setelah dirasa cukup matang atau layu maka tumbuklah bahan tersebut ke dalam cobek atau juga blender hingga mendapatkan kehalusan yang sesuai permintaan atau keinginan Anda.
4. Setelah itu tambahkan pula minyak dari hasil penggorengan yang Anda gunakan sebelumnya agar sambal yang Anda buat semakin mantap.
5. Kemudian masukkanlah sambal yang Anda haluskan ke dalam wajan untuk dipanaskan dan digoreng bersamaan dengan teri yang telah Anda goreng juga sebelumnya.
6. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam atau juga penyedap rasa dan gula apabila rasa dari hasil masakan Anda dirasa kurang pas.
7. Sebagai tambahan Anda dapat pula menambahkan air dari perasan jeruk nipis agar sambal yang Anda buat lebih menggugah dan mengundang selera bagi siapa saja yang memandang dan mencium aromanya.
8. Setelah semua dirasa cukup, maka Anda dapat menyajikan sambal yang telah Anda buat ke dalam piring yang telah dihias atau piring yang telah diberi tatakan daun pisang sebelumnya.

Sambal ini akan sangat lezat Anda nikmati dengan nasi yang masih hangat dan juga ditemani oleh secangkir es yang akan menyegarkan Anda ketika menikmati dan bermain dengan kepedasan dari sambal yang telah Anda buat sebelumnya. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memakan sambal ini dengan kerupuk atau lalapan seperti potongan mentimun, kol, dan juga daun kemangi. Jika Anda menginginkan nuansa padang yang kental Anda juga bisa menyantap sambal ini dengan bantuan dari daun singkong yang telah direbus lama untuk menjadi teman lalapan.

No comments:

Post a Comment