Cara Memasak Belut Goreng Padang

Cara Memasak Belut Goreng PadangBelut adalah salah satu binatang dari hasil perairan yang kaya akan vitamin dan sangat baik untuk tubuh manusia. Pada penampakan luar, belut memang memiliki tubuh yang licin dan mengerikan karena seperti ular tetapi rasa dari belut ini akan membuat siapa saja penikmatnya menjadi ketagihan. Kenikmatan dari olahan belut ini semakin menjadi primadona ketika diolah dengan berbagai bumbu daerah yang akan membuat penikmat dari belut ini menjadi semakin nagih dan tidak bisa berhenti menambah nasi. Salah satu varian baru dalam menu belut adalah belut goreng dengan nuansa yang berbeda yaitu kota Padang.

Untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara memasak Belut Goreng Padang, maka berikut ini adalah bahan yang harus dipersiapkan sebagai berikut ini:

• Belut yang telah dibakar sebelumnya atau belut segar sebanyak kurang lebih ½ kilo gram.
• Bawang merah sebanyak 10 buah.
• Cabe merah segar sebanyak 5 buah.
• Cabe rawit segar sebanyak 5 buah atau sesuai dengan selera.
• Bawang putih sebanyak 3 buah.
• Air dari asam jawa sebanyak 1 sendok the.
• Air dari perasan jeruk nipis secukupnya.
• Garam.
• Gula.
• Penyedap rasa.

Setelah semua bahan yang dipersiapkan telah siap maka berikut ini adalah langkah bagaimana mengolah belut yang Anda idamkan:

1. Bersihkan belut hingga benar-benar bersih.
2. Berilah air perasan dari jeruk nipis dan garam dan tunggu hingga bau amis dari belut yang sedang Anda olah sekitar 15 hingga 20 menit kemudian gorenglah hingga belut mengering sesuai dengan selera Anda hingga matang.
3. Sembari menunggu belut, Anda bisa melakukan kegiatan lain seperti menghaluskan beberapa bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, gula, garam dan penyedap rasa hingga menjadi satu dengan menggunakan cobek atau juga blender.
4. Kemudian tumislah semua bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya hingga berbau harum. Setelah dirasa cukup matang, maka masukkanlah belut yang Anda telah sebelumnya ke dalam bumbu yang ditumis.
5. Aduklah bumbu dengan belut hingga rata.
6. Sajikan di atas piring.

Belut goreng khas Padang ini akan sangat nikmat apabila ditemani oleh nasi panas dan es jeruk yang segar. Sebaiknya untuk menemani makan belut ini Anda juga dapat membuat sambal pedas agar makanan yang Anda nikmati menjadi semakin nikmat dan nagih. Jangan lupa pula untuk menyediakan banyak nasi agar keluarga Anda juga bisa menambah makan mereka dengan leluasa. Menu ini sangat nikmat apabila Anda menikmatinya bersama keluarga bersama orang yang terkasih.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pula adalah ketika memasak menu ini Anda harus berhati-hati dalam menggunakan pisau, sebab belut memang memiliki kulit yang licin dan tentu saja ini akan membuat Anda kesusahan dalam memotong dari binatang yang kaya akan gizi ini. Gunakanlah pisau yang tajam agar proses mengolah Anda menjadi semakin dimudahkan. Untuk mengantisipasi adanya kecelakaan kerja di dapur maka jangan lupa untuk menyiapkan beberapa obat luka seperti perban, betadin atau juga obat merah.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah Anda bisa secara langsung juga membeli belut dengan meminta tolong kepada penjualnya untuk memotongkan atau juga bisa Anda membeli belut yang telah dibakar sebelumnya, sehingga kelicinan belut yang akan Anda olah tidak begitu membahayakan tangan Anda untuk mengolah makanan licin dan lezat ini.

No comments:

Post a Comment