Cara Memasak Ikan Kembung Bakar Merah Padang

Bagi sebagian orang khususnya adalah ibu rumah tangga pasti memiliki kebingungan di dalam menentukan menu masakan apa yang akan dibuat saat ini. Hal tersebut sebenarnya sesuatu yang lumrah mengingat terkadang tidak semua anggota keluarga memiliki selera yang sama, utamanya adalah terkait dengan makanan. Belum lagi dengan perincian biaya yang harus dilakukan, dengan biaya yang terbatas terkadang cukup sulit bisa membuat makanan yang enak karena kreasinya juga terbatas. Bagi anda yang memang tengah kebingungan membuat menu masakan kali ini tak perlu khawatir karena salah satu kuliner asli padang berikut nampaknya bisa membantu anda.

Cara Memasak Ikan Kembung Bakar Merah Padang

Ikan kembung nampaknya bisa dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat menu masakan lezat kali ini, jenis ikan yang satu ini memang tidak mudah untuk mendapatkannya, namun bagi anda yang memang tinggal di tempat yang tak jauh dari pesisir bisa mendapatkannya. Ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan nilai gizi, sangat bagus bagi anda yang memang memiliki anak dalam masa pertumbuhan, tak hanya sarat akan nilai gizinya saja, namun dari segi rasa sendiri juga tak mengecewakan. Tak heran jika seandainya banyak diantara restoran ternama yang menjadikannya sebagai menu andalan mereka, salah satunya adalah untuk rumah makan padang sendiri.

Kedai yang ada hampir di seluruh wilayah Indonesia ini selalu mencantumkan salah satu menu masakan mereka yang terbuat dari ikan kembung merah, salah satunya adalah ikan kembung yang dibakar bersama bumbu-bumbu khas Padang. Tentunya sudah tak asing lagi bagi anda akan kelezatan masakan tersebut, apalagi penggunaan bumbunya juga tak main-main, yaitu penuh akan berbagai jenis rempah dan pastinya sangat enak. Namun selain dengan membelinya anda juga bisa membuat menu masakan tersebut sendiri, berikut ini resepnya, yaitu:

Bahan-bahan:

- 5 ekor ikan kembung merah, bersihkan dan juga iris pada beberapa bagian.
- 1 buah jeruk nipis, peras airnya
- 4 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:

- 10 buah bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 2 cm kunyit
- 3 cm jahe
- 2 cm lengkuas
- 1 ½ sdt garam
- 1 sdt gula pasir

Cara memasak ikan kembung bakar merah padang:

• Lumuri ikan kembung merah yang telah dibersihkan menggunakan air perasan jeruk nipis, hal ini berguna untuk menghilangkan bau amis dari ikan tersebut, lakukan selama kurang lebih 1 jam agar hasil maksimal.
• Haluskan bumbu-bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, garam dan juga gula pasir.
• Panaskan wajah dan masukkan minyak, masukkan bumbu-bumbu halus tersebut, tumis hingga tercium harumnya.
• Masukkan ikan kembung di dalamnya dan aduk rata dengan bumbu hingga setengah matang kemudian angkat.
• Siapkan tempat pembakaran hingga menghasilkan bara api kemudian panggang ikan kembung tersebut di atasnya, olesi menggunakan sisa bumbu tersebut, biarkan matang lalu angkat dan sajikan.

Menu yang satu ini akan terasa lebih enak jika dimakan menggunakan sambal lado mudo, berikut ini cara membuatnya:

Bahan-bahan:

• 40 gram cabai hijau besar
• 100 gram cabai hijau keriting
• 3o gram tomat hijau
• 8 siung bawang merah

Cara membuat:

• Kukus semua bahan tersebut kemudian tumbuk kasar, goreng dalam minyak panas dan tambahkan garam, air juga air jeruk, angkat dan sajikan.

No comments:

Post a Comment