Cara Membuat Perkedel Padang

Salah satu lauk pauk yang ada di rumah makan Padang adalah perkedel. Makanan tersebut biasanya dibuat dari kentang maupun jagung atau singkong. Perkedel adalah sebuah makanan yang terbuat dari kentang yang digoreng atau direbus sebelum akhirnya dihancurkan dan dicampur dengan bahan makanan dan bumbu lainnya. Makanan ini berasal dari pengaruh Belanda dan dahulunya bernama frikadel yang versi aslinya terbuat dari daging cincang yang dihancurkan dan digoreng.

Cara Membuat Perkedel Padang

Pada perkedel kentang yang pernah diteliti dan dimasak dengan benar, dalam 100 gr perkedel ditemukan beberapa kandungan gizi, diantaranya yaitu:

• Energi yang dihasilkan adalah sebesar 439 kkal.
• Protein sebesar 15.77 gr.
• Lemak sekitar 7.13 gr.
• Karbohidrat sebanyak 79.62 gr.
• Kalsium sebesar 76 mg.
• Fosfor sekitar 337 mg.
• Zat besi sebanyak 4.47.
• Vitamin A sebesar 526 IU.
• Vitamin B sekitar 0.5 mg.
• Vitamin C sebanyak 70 mg.

Sebelum membuat perkedel, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kentang sebagai bahan utamanya. Tips tersebut diantaranya yaitu:

- Memilih kentang yang memiliki kulit mulus dan bertekstur padat dan tidak memiliki retakan pada masing-masing sisinya.
- Jangan memilih kentang yang berwarna kehijauan karena biasanya kentang tersebut mempunyai rasa yang lebih pahit daripada kentang biasa jika diolah menjadi berbagai masakan. Sebaiknya pilih kentang yang berwarna coklat cerah.

Pada penyimpanan kentang, sebaiknya menghindari penyimpanan di almari es karena akan menyebabkan proses pembusukan menjadi lebih cepat. Sebaiknya menyimpan dalam suhu ruangan dan tidak perlu dicuci. Kentang disimpan dalam tempat yang jauh dari bahan makanan yang memiliki aroma tajam seperti durian dan bawang. Hal tersebut disebabkan karena aroma tajam dapat mempengaruhi kualitas kentang yang disimpan dan membuat proses pembusukan kentang menjadi lebih cepat.

Perkedel dapat dibuat menjadi beberapa versi sesuai dengan bumbunya salah satunya adalah perkedel khas Padang. Bahan yang diperlukan untuk membuat perkedel pada diantaranya adalah 1 siung bawang putih yang diiris kemudian digoreng, 2 butir telur ayam, 500 gr kentang, 6 siung bawang merah yang diiris dan digoreng, garam, merica, cabai merah, daun bawang yang diiris halus, daun seledri yang diiris halus, ati ampela yang digoreng dan diiris, minyak goreng.

Cara membuat perkedel Padang yaitu pertama kupas kentang dan potong. Jangan lupa untuk menaruh kentang dalam wadah berisi air setelah dipotong agar kentang tidak berubah warna menjadi merah. Goreng kentang tersebut dalam minyak yang telah dipanaskan dengan menggunakan api sedang. Angkat dan tiriskan. Kentang digoreng untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih dan memisalkan air dalam kentang. Ketika kentang telah digoreng dan ditiriskan, sebaiknya langsung dihaluskan dalam keadaan panas. Hal tersebut disebabkan agar uap air yang ada di dalamnya segera keluar dan tidak terperangkap dalam kentang.

Menghaluskan kentang goreng dapat menggunakan sendok atau alat lain misalnya cobek. Ketika membuat dalam jumlah banyak, kentang halus sebaiknya dihamparkan agar penguapan maksimal. Bawang goreng (merah dan putih) sebaiknya digoreng setengah matang. Tambahkan bawang goreng (merah dan putih), daun bawang, daun seledri yang telah diiris tipis, ati ampela, garam dan merica. Lalu aduk rata hingga semua bahan tercampur. Setelah tercampur, tambahkan kuning telur kemudian diaduk kembali. Ambil campuran tersebut dan bentuk menjadi bulat agak pipih lalu dicelupkan pada putih telur yang telah dikocok sebentar. Goreng pada minyak panas hingga warna menjadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

No comments:

Post a Comment