Cara Memasak Kepiting Asam Manis

Bagi yang menyukai masakan seafood, kepiting asam manis menjadi salah satu menu yang harus dicoba. Masakan dengan bahan utama menggunakan kepiting atau ketam atau ranjungan yang merupakan kepiting kecil, menjadi salah satu masakan yang favorit. Pengolahan yang mudah serta rasa asam dan manis yang dihasilkan, tidak hanya cocok untuk lidah orang Indonesia, namun juga sebagian besar orang di dunia.

Cara Memasak Kepiting Asam Manis

Kepiting yang merupakan hewan yang memiliki cangkang keras dan capit serta berkaki 10 ini ini, memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh walaupun bagian kepiting yang dapat dikonsumsi adalah sebesar 45%. Kandungan yang didapatkan dalam 100 gr daging kepiting yang diuji, diantaranya yaitu:

- Energi sebesar 151 kkal
- Protein sebesar 13,8 gr
- Lemak sebanyak 3,8 gr
- Karbohidrat sebesar 14,1 gr
- Fosfor sekitar 250 mg
- Kalsium sekitar 210 mg
- Zat besi sebanyak 1 mg
- Vitamin A sekitar 200 IU
- Vitamin B1 sekitar 0.05 mg
- Vitamin C sebesar 0 mg

Hal yang harus dipersiapkan dalam mempersiapkan kepiting yaitu:

- Memilih kepiting yang utuh, maksudnya adalah bagian cangkang dan kaki tidak rusak atau putus
- Pilih kepiting yang masih hidup dan segar karena daging yang dihasilkan akan terasa lebih enak dan manis
- Untuk membunuh kepiting dapat dengan menusukkan ujung pisau ke dada kepiting lepaskan ikatan.
- Bersihkan kepiting, potong dan buang bagian kehijauan yang ada di dalam badan kepiting dan bagian ekor.
- Rebus dengan waktu sekitar 15-20 menit dengan menggunakan arang dan jahe untuk menghilangkan racun dan bau amis kepiting.

Sebelum memulai memasak, persiapkan bahan dan bumbu halus terlebih dahulu. Bahan yang digunakan adalah 3 ekor kepiting segar, air perasan dari 2 buah jeruk nipis, air secukupnya dan minyak goreng. Untuk bumbu saos, bahan yang harus dipersiapkan adalah 1 sdm minyak goreng (dapat menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun), 2 sdm mentega, 10 sdm cabe bubuk (kepedasan tergantung selera), 1 buah bawang bombay lalu cincang, 2 siung bawang putih dan cincang, 2 sdm saus tomat, 5 sdm saus tiram, 2 utas daun seledri cincang kasar, 1 sdm kecap asin, 1 sdm kecap inggris, 1 sdt lada bubuk, 1sdt gula pasir, ½ sdt garam, 1 gelas air.

Sebelum memulai memasak, persiapkan kepiting terlebih dahulu. Bersihkan kepiting lalu buka tempurung dan potong menjadi 4 bagian. Pukul capitnya agar bumbu meresap namun jangan sampai retak. Untuk menghilangkan bau amis, dapat menggunakan air perasan jeruk nipis yang dibalurkan ke daging dan diamkan sekitar 15 menit. Rebus dengan air secukupnya yang ditambah arang untuk menghilangkan racunnya. Kemudian goreng kepiting hingga berubah warna. Jangan menggoreng atau merebus terlalu lama karena akan membuat daging keras.

Cara memasak kepiting asam manis yaitu dengan memasak saus yang akan digunakan terlebih dahulu. Caranya, panaskan minyak goreng lalu tambahkan mentega. Tambahkan bawang bombay dan bawang putih lalu tumis hingga layu dan harum. Tambahkan kecap (penambahan kecap manis atau asin dapat disesuaikan selera), kecap inggris, saus tiram, garam, lada bubuk, cabai bubuk, gula, air. Aduk hingga mendidih dan saus mengental. Masukkan kepiting yang sudah digoreng dan disiapkan sebelumnya. Aduk rata lalu diamkan sebentar dengan api kecil hingga semua bumbu meresap. Angkat masakan dan taruh dalam wadah. Hiasi kepiting asam manis dengan taburan daun seledri. Masakan siap disajikan.

No comments:

Post a Comment