Cara Memasak Lobster yang Masih Hidup

Cara Memasak Lobster yang Masih Hidup
Lobster merupakan salah satu hasil laut dan termasuk seafood favorit yang digemari oleh banyak orang. Lobster dapat diolah dan dipadukan dengan aneka bumbu menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan menggoda selera. Lobster juga menjadi salah satu jenis seafood yang identik dengan kemewahan karena dihargai dengan nominal yang tinggi dibandingkan dengan jenis seafood lainnya di berbagai tempat makan ataupun restoran. Selain karena bahan utamanya yang mahal, lobster juga dihargai dengan nominal yang terbilang fantastis untuk ukuran makanan karena proses pengolahannya cukup sulit dan membutuhkan teknik memasak yang sangat tinggi.

Apabila anda berniat ingin mencoba untuk memasak lobster, hal utama yang perlu anda lakukan yaitu memilih lobster segar yang masih hidup sesuai ukuran yang diinginkan supaya dagingnya pun fresh dan terasa nikmat. Ikat bagian tubuh lobster yang berbahaya sehingga proses selanjutnya berjalan lancar. Lalu bersihkan lobster dengan benar supaya kotoran dari cangkang lobster tidak tercampur dengan bumbu ketika proses memasak. Cara membersihkannya yaitu dengan menggosok kulit lobster dengan sikat yang berbulu lembut supaya kotoran terangkat dan warna kulit lobster menjadi lebih bersih dan cerah. Hal ini juga dilakukan agar cita rasa lobster tidak rusak karena kotoran yang menempel pada cangkang atau kulitnya.

Sebelum memasak lobster, tentu saja anda perlu mematikannya dengan benar lalu sesegera mungkin memasaknya supaya daging lobster masih dalam kondisi segar dan tidak lembek atau keriput. Mematikan lobster bisa dilakukan dengan cara memotongnya menggunakan pisau dengan posisi yang tepat yaitu bagian bawah lobster menghadap ke atas untuk menghindari serangan dari cakar atau capitnya. Namun apabila cara mematikan lobster ini terlalu sulit, anda bisa melakukan teknik yang lain yaitu dengan langsung merebus lobster dalam kondisi segar sehingga resiko dari serangan lobster dapat dihindari dan proses tersebut bisa dijadikan sekaligus proses memasak lobster yang baik.

Berikut ini cara memasak lobster yang masih hidup dengan cara direbus, yaitu:

1. Siapkan panci berisi air dengan takaran hampir penuh, masukkan dua sendok makan garam untuk setiap liter air dalam panci.
2. Nyalakan api, rebus air hingga panas dan mendidih.
3. Masukkan lobster dan tutup panci, jangan sampai air didihannya tumpah.
4. Rebus lobster sampai kulitnya berwarna merah terang sebagai tanda bahwa lobster sudah matang. Kira-kira untuk lobster berukuran 1 pon dibutuhkan waktu merebus sekitar 15 menit, untuk 1,5 pon sekitar 20 menit dan lobster 2 pon sekitar 25 menit.
5. Kemudian, angkat lobster dan dinginkan.

Supaya proses memasak bisa segera berhenti, sebaiknya dinginkanlah lobster di dalam wadah yang sudah diisi dengan es batu sekitar 5 menit supaya warnanya tetap cantik dan tekstur dari dagingnya tetap terasa nikmat dan tidak kematangan. Setelah itu, lobster bisa dipanaskan kembali dan siap dihidangkan. Jika anda ingin mencoba rasa lobster yang original dan gurih, anda bisa menambahkan lelehan mentega di atasnya untuk menambah cita rasa dari lobster yang anda hidangkan.

Itulah tahapan dan cara memasak lobster segar yang dapat anda coba praktekkan di rumah. Supaya lebih spesial dan menarik, anda juga dapat memberikan variasi saus sesuai selera sehingga cita rasa lobster yang anda sajikan menjadi lebih istimewa. Bila perlu, anda juga dapat menambahkan pelengkap lainnya seperti sayuran rebus untuk menambah keistimewaan hidangan berbahan dasar lobster yang anda buat.

No comments:

Post a Comment